CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT



Untuk kita yang pernah atau saat ini sedang berjerawat, tentu yang terpikir adalah bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ini nanti. Karena jerawat tidak hanya menjadi masalah saat masih tumbuh di wajah kita. Tapi bahkan sampai setelah jerawatnya kering, mati, dan justru membekas. Bekas jerawat ini seperti jejak dari masa lalu yang sulit sekali hilang. Don’t worry. I will share some of the popular home remedies out there in this article.
·         Penyebab Jerawat
Umumnya jerawat muncul saat masa pubertas atau remaja, namun bagi wanita jerawat bisa muncul lebih sering. Misalnya adalah saat masa menstruasi. Jerawat ini muncul karena akumulasi sel mati dan minyak. Kumpulan dari keduanya di dalam folikel rambut (entah ada rambut atau tidak di bagian tertentu) menyebabkan pori-pori tertutup dan menyebabkan jerawat. Peradangan pada folikel ini menyebabkan jerawat bernanah/berair dan menyebabkan masalah kulit selanjutnya saat radang ini sembuh*.
Jerawat sembuh, muncullah bekas jerawat.
·         Jenis-Jenis Bekas Jerawat
Bekas jerawat pun terdiri dari berbagai macam jenis. Yang paling menyebalkan dan sulit dihilangkan mungkin adalah kulit berlubang. Lubang di kulit ini ada yang berbentuk bundar, berbentuk kotak, atau bergelombang. Selain itu, ada juga yang hanya berupa bercak gelap atau hitam di kulit. Ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tapi tanpa bantuan treatment dari luar bekas jerawat seperti ini bisa membutuhkan waktu 2 tahun untuk benar-benar hilang!
Kita tentu tidak akan sabar menunggu selama itu.
The good news is, treatment untuk menghilangkan bekas jerawat ini sudah sangat banyak di dunia kecantikan. Tapi memang membutuhkan biaya yang lumayan. But you know what, perawatan alami juga ada lho. Alam sudah memberikan kita kekayaan yang bisa kita gunakan untuk mengobati hampir semua masalah kulit.
Yang perlu diingat adalah bahwa resep alami tidak bisa bekerja secepat perawatan dokter atau tindakan kecantikan dari dermatologist. Butuh ketelatenan dan kesabaran sampai kamu bisa melihat hasilnya. Selain itu, umumnya resep alami hanya bisa bekerja efektif untuk menghilangkan bekas jerawat sedang sampai yang kecil, seperti bercak cokelat atau hitam, bukan bekas jerawat berlubang. Side note lain adalah bahwa resep ini tidak diperuntukkan bagi jerawat yang masih meradang, hanya untuk menghilangkan bekas jerawat yang telah sembuh saja. Dan di dalam artikel kali ini kamu bisa mencoba salah satu resep menghilangkan bekas jerawat yang paling cocok untuk kulitmu.
·         Resep Menghilangkan Bekas Jerawat
1.      Serbuk kulit jeruk
Kulit jeruk memiliki banyak lightening agent yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi pigmentasi kulit.
Bahan-bahan:
1 sdt serbuk kulit jeruk (kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan dihaluskan membentuk serbuk)
1 sdt madu asli
Cara membuat dan menggunakan:
Campurkan kedua bahan sehingga membentuk pasta, kemudian balurkan pasta ini ke daerah wajah yang memiliki bekas jerawat. Biarkan hingga kering kemudian bilas sampai bersih.
Kamu bisa menggunakan pasta ini setiap sekali dua hari.
2.      Air Mawar
Rendam kapas ke dalam air mawar kemudian oleskan wajah yang telah bersih dengan kapas tersebut. Biarkan hingga kering. Gunakan dua kali sehari.
3.      Bawang Putih
Cara membuat:
Belah 1 atau 2 siung bawang putih (atau sesuai kebutuhan). Oleskan bagian dalam bawah putih pada bekas jerawat yang ingin dihilangkan sebelum tidur. Biarkan semalam dan bilaslah keesokan paginya.
Lakukan setiap dua hari sekali.
4.      Kunyit
Bahan-bahan:
1-2 sdt bubuk kunyit
½ sdt perasan air lemon
Cara membuat dan menggunakan:
-          Campurkan bubuk kunyit dengan perasan air lemon.
-          Balurkan seluruh wajah atau daerah yang memiliki bekas jerawat dengan pasta ini.
-          Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. **
5.      Minyak Kelapa
Bahan-bahan:
3 sdt perasan air lemon
3 sdt baking soda
Minyak kelapa secukupnya
Cara membuat dan menggunakan:
-          Campurkan semua bahan dalam wadah kecil.
-          Balurkan campuran ini ke seluruh bagian wajah. Hindari penggunaan pada daerah sekitar mata..
-          Pijatlah wajah dengan perlahan.
-          Biarkan selama 30 menit-1 jam sebelum dibilas dengan air hangat.
Gunakan resep ini dua kali seminggu.
6.      Oatmeal dan Madu
Bahan-bahan:
-          2 sdt oatmeal
-          ½ cangkir kecil air (secukupnya)
-          1 sdt madu
-          2 sdt minyak kelapa
Cara membuat dan menggunakan:
-          Rebus oatmeal dengan setengah cangkir air, kemudian biarkan hingga dingin.
-          Tambahkan madu dan minyak kelapa ke dalam oatmeal.
-          Campurkan dengan baik
-          Gunakan sebagai scrub wajah, pijat perlahan
-          Biarkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih
Nah itulah beberapa tips cara menghilangkan bekas jerawat yang paling popular dan mudah di luar sana. Semoga bermanfaat ya.
Stay healthy and beautiful, guys!
·         Source of Information




No comments:

Post a Comment

FEATURED POST

Review EverWhite Hi Collagen

(Also available on my new blog:  https://www.ladyjosman.com/ ) Ini review beauty product pertama aku ya di blog ini. I am both e...

POPULAR POSTS