7 KUNCI UNTUK DIET SEHAT


Main Topic: 7 Kunci untuk Diet Sehat
Hidup sehat adalah hasil dari bagaimana kita melatih diri kita dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, misalnya dalam segi makanan dan kegiatan berolahraga. Diet sendiri merupakan salah satu istilah yang biasa digunakan oleh orang-orang yang sedang melakukan perubahan terhadap pola makan demi mendapat tubuh yang lebih sehat dan indah. Apapaun diet yang sedang kita lakukan, kita harus memastikan bahwa diet tersebut sehat. Nah kunci untuk diet sehat apa saja sih? Berikut rangkuman berisi 7 kunci untuk diet sehat yang aku peroleh dari beberapa sumber yang membahas mengenai diet sehat.
1.      Variasi Menu
Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup bagi tubuh kita, pastikan diet kita mengandung semua jenis makanan yang dibutuhkan. Diet sehat melibatkan cukup buah, sayuran, ikan, kacang-kacangan, atau bahkan produk susu. Aku pribadi melewatkan susu dalam diet yang aku lakukan, but if you love milk-based product then you can add that to your meal.
Selain itu, makan makanan yang bervariasi memastikan kita untuk tidak cepat bosan dalam melakukan diet, because you know what, food and life have one thing in common, which is to be enjoyed! Dan dengan memvariasikan makanan kita, kemungkinan untuk kelebihan akan satu nutrisi tertentu saja menjadi berkurang.
2.      Perhatikan Porsi
Makanan bervariasi tidak sama dengan banyak porsi. We have to know the difference. Punya banyak pilihan makanan di meja makan atau di kulkas kamu bisa menjadi salah satu trigger untuk makan lebih banyak. But hey, healthy diet doesn’t work like that. You may want to watch your calories intakes. Untuk mengatasi kemungkinan makan terlalu banyak, aku pribadi mengakalinya dengan makan menggunakan kotak makan siang yang aku punya. Aku masukkan semua jenis makanan sampai penuh, kalau sudah nggak muat berarti sudah cukup. LOL.
Temukan cara yang paling cocok untukmu dan kamu bisa tetap have fun while on diet.
3.      Kurangi Karbohidrat dan Pemanis/Gula
Kadang kita orang Indonesia berpikir bahwa diet dengan menggantikan nasi dengan roti sudah “aman”. Sebenarnya kandungan karbohidrat dalam roti sudah mengalami proses panjang sebelum bisa disajikan ke hadapan kita. Dan menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Megan Ware RDN, LD (1), karbohidrat lebih banyak memberikan keburukan daripada kebaikan pada kesehatan kita. Karena itulah sebaiknya untuk memperoleh karbohidrat, kita bisa mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur.
Atau kalau tetap mau makan roti, kita bisa mengganti roti putih dengan roti gandum. It is better.
4.      Kurangi Daging
I am not suggesting you to go vegan, not necessarily. Tapi kita semua tentu menyadari bahwa daging merah atau daging yang sudah mengalami proses masak yang lumayan panjang mengandung lemak jenuh yang tinggi. You don’t need that much fat. So what’s my choice here? Fish! Yup, kamu bisa mengganti daging merah dengan ikan. Fish is better for you in so many ways.
5.      Pisang
Buah pisang selain kaya potassium yang bagus untuk tubuh, membantu menyalurkan nutrisi ke sel-sel tubuh, mengontrol tekanan darah, and also support our muscle. Isn’t that great? But banana is not the only source of potassium (2). Alpukat, ubi, bayam, air kelapa, dan semangka bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan potassium tubuh kita selama berdiet.
6.      Be sure to get enough vitamin D and Calcium
I know we are on diet, tapi nggak mau dong tulang kita jadi nggak sehat selama diet. Mendapat vitamin D yang cukup selama diet memang adalah tantangan tersendiri. Nah untuk mengakali ini, let’s say kamu nggak suka susu dari hewan, kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai. Atau jika kamu masih kekurangan vitamin D, kamu bisa beli supplement yang mengandung vitamin D dan kalsium.
Untuk tambahn informasi, berikut ini tabel perbandingan kandungan gizi beberapa jenis susu (3)


7.      Stop Drinking Soda and Other Liquid Calories
Ketika kita mampir di supermarket, atau di cafĂ©, atau di tempat-tempat lainnya, kecenderungannya adalah kita akan memesan atau membeli minuman selama berada di sana. Dilematic banget dong. Here what we have to do, we can order unsweetened fresh juice, mineral water, or coffee. Yes, coffee. Not the best choice, but surely better than soda. But I won’t recommend drinking coffee more than a cup a day. LOL.
One thing I’d love to address, I am no nutritionist or a dietician, jadi untuk mendapatkan rekomendasi terbaik tentang diet, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter atau orang-orang yang kamu percaya.
Thank you for reading.
Stay healthy and beautiful!

Source of Information:



No comments:

Post a Comment

FEATURED POST

Review EverWhite Hi Collagen

(Also available on my new blog:  https://www.ladyjosman.com/ ) Ini review beauty product pertama aku ya di blog ini. I am both e...

POPULAR POSTS