MANFAAT DAN KEBUTUHAN MINUM AIR PUTIH



Menurut pendapat Dr. Jeffrey Utz, Seorang neuroscientist dari Allegheny University, tubuh bayi tersusun dari sekitar 78% air, anak-anak usia 1 tahun tersusun dari 65% air, dan manusia dewasa tersusun dari sekitar 60% air (1). Dan kalau kita melakukan riset online sederhana mengenai kebutuhan tubuh kita akan air, maka hampir semua menyarankan kita untuk setidaknya minum 1,5-3 liter air per hari. Dalam hal volume ini, pendapat beberapa ahli memang berbeda. Satu hal yang sama adalah mereka sependapat bahwa kita harus menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dengan minum cukup banyak  air. Mengapa? Berikut ulasannya.
Beberapa fungsi air di dalam tubuh:
·         Menjaga suhu tubuh tetap normal
·         Menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh melalui darah
·         Sebagai pelumas pada sendi
·         Nutrisi penting bagi setiap sel
Menurut H.H Mitchell dalam Journal of Bilological Chemistry, otak dan hati kita terdiri dari 73% air, paru-paru mengandung 83% air, kulit mengandung 64% air, otot dan ginjal mengandung 79% air, dan tulang mengandung 31% air. Sebanyak itulah air dalam bagian-bagian vital tubuh kita. Untuk membuat semua organ-organ tersebut tetap sehat dan bekerja dengan baik maka salah satu langkah penting yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga asupan air kita tetap tercukupi.
Kebutuhan air bagi setiap orang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, dan juga tempat hidupnya. Namun pada umumnya lelaki dewasa membutuhkan air sebanyak 3 liter per hari sedangkan perempuan dewasa sebanyak 2.2 liter per hari. Lebih-lebih saat berolahraga atau berada di tempat yang membuat kita berkeringat lebih banyak dari biasanya. Bisa membayangkan minum sebanyak itu? Don’t worry. Memang banyak orang yang tidak terlalu suka minum air, atau setidaknya tidak minum air sebanyak itu. Lalu adakah yang bisa dilakukan tentang itu? Makanan. Yup, air juga banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan. So instead of just snacking, you are actually drinking too. I am not saying this food can substitute water altogether, but it can be good to add them to your diet. Not only are they promoting fullness and reducing appetite, but they are also very hydrating.
Apa saja makanan yang mengandung banyak air? Ini adalah beberapa yang banyak direkomendasikan para dietician (2).
1.      Semangka
Selain mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan magnesium, semangka adalah buah yang mengandung cukup banyak air,yaitu 92% dari keseluruhan buahnya. 154 gram buah semangka mengandung sekitar 118 ml air. Selain itu, semangka sangat rendah kalori sehingga baik untuk dikonsumsi jika kalian sedang berusaha menurunkan berat badan.
Beberapa waktu lalu aku melakukan sebuah percobaan diet yaitu hanya makan buah-buahan selama satu minggu, dan makan semangka buatku pribadi dangat membantu. Selain membuat kenyang, aku nggak perlu kawatir dengan asupan kalori per hariku.
You may read the post about my fruitarian diet on:
2.      Strawberry
Buah imut ini mengandung sekitar 91% air, dan bisa menjadi alternative yang mengenyangkan sekaligus mengandung banyak air, which is of course good for our body. Selain itu, strawberry sangat kaya akan serat, mengandung antioksidan, vitamin C, dan mineral  mangan.
Buah-buah ini, termasuk strawberry, memang sering dibuat atau dikonsumsi dalam bentuk jus, tapi aku pribadi lebih memilih makan buah segar. Juice is ok too, but eating fresh fruit is better. Kandungan serat banyak berkurang saat buah dibuat menjadi jus, and we don’t want that. Kandungan vitamin dan mineral tetap bisa terekstrak ke dalam jus, namun sebagian serat dari buah yang kita butuhkan akan rusak (3).
3.      Jeruk
This might be the most famous fruit in the world. It’s everywhere and it’s very good for our body. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita. Selain itu, buah jeruk mengandung jumlah air yang cukup tinggi. A good fresh orange can contain up to 118 ml of water, atau sekitar 88% dari buahnya sendiri. Kandungan air dan serat dalam jeruk bisa memberikan rasa kenyang dan mengontrol nafsu makan kita.
Buah jeruk sendiri sangat kaya antioksidan seperti flavonoid yang membantu menghindari atau memperbaiki kerusakan sel tubuh.
4.      Timun
Is it a fruit or vegetable? I am not very sure. Some people say it is a fruit, others insist it is vegetable. Yang pasti adalah timun mengandung air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 95%. Kandungan kalori dalam satu buah timun sangat rendah dibanding buah-buah lain dalam list di atas, ini bisa jadi adalah alasan kenapa timun masuk dalam program diet banyak artis Korea yang terkenal. They substitute their meal with cucumber only. No wonder their stomachs are so flat.
Kita bisa makan banyak buah timun dalam sehari tanpa takut kelebihan kalori atau kelebihan berat badan. But remember the common law, too much is never good.
Know your own body.
5.      Tomat
Tomat mengandung sekitar 94% air dan memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Tomat mengandung nutrisi dalam jumlah yang cukup signifikan, seperti vitamin C dan vitamin A, dan antioksidan lycopene. Berdasarkan hasil study, lycopene sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko heart disease and prostate cancer.
6.      Kelapa Muda
My favorite. Bukan hanya kandungan airnya tinggi, tapi air kelapa sendiri mengandung elektrolit yang baik bagi tubuh seperti potassium, sodium, dan klorida. Are you one of those who exercise a lot? Then coconut water is very good for you. Setelah kehilangan elektrolit tubuh selama berolah raga, tubuh perlu rehidrasi dengan elektrolit yang cukup, dan semuanya ada dalam air kelapa.
It is fresh and natural. Certainly better than all the sport drinks out there with all the added sugar and unhealthy ingredients.
Source of informations:
(1) WaterUSGS


Stay hydrated and healthy!




No comments:

Post a Comment

FEATURED POST

Review EverWhite Hi Collagen

(Also available on my new blog:  https://www.ladyjosman.com/ ) Ini review beauty product pertama aku ya di blog ini. I am both e...

POPULAR POSTS