MENGAPA TIDUR ITU PENTING?


Main topic: Mengapa tidur itu penting?

Jika kamu saat ini sedang menjalani program untuk hidup yang lebih sehat dan lebih baik, maka kamu tentu harus menambah tidur dalam daftar program kamu. Be it exercise, skincare, a diet program, kamu butuh tidur yang cukup untuk membuat semua program tersebut dapat bekerja dengan baik. Kenapa harus tidur sih? Bener banget, kadang kita memang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Salah satu hal yang mungkin tidak kita sadari adalah bahwa tidur sangatlah penting bagi kita. Kebutuhan tidur setiap orang untuk dapat beraktivitas dengan produktif keesokan harinya bisa saja berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh, usia, dan jenis kelamin.
Mengapa tidur itu penting?
Sebuah penelitian terhadap tikus menunjukkan betapa tidur sangat penting bagi mahluk hidup. Tikus umumnya memiliki masa hidup 2-3 tahun. Di dalam penelitian ini beberapa tikus dibuat mengalami kekurangan tidur dan tikus-tikus dalam percobaan ini hanya mampu bertahan hidup selama sekitar lima minggu. Pada manusia, hal-hal baik dalam tubuh terjadi saat kita tidur. Regenerasi sel, restrukturisasi, produksi hormone, dan lain-lain. A good night sleep is good for our skin too, beauties! It is good for our heart, for the longevity, and for our healthy skin.
Apakah aku mengalami kekurangan tidur?
Pernahkah kalian memperhatikan ketika kalian mungkin begadang karena pekerjaan, tugas, atau patah hati? (Eiitss kok patah hati sih? Well patah hati juga bisa bikin kita terus-terusan terjaga ya. Hahaha pengalaman). Btw, setelah banyak begadang, kita biasanya akan merasa lemah dan tidak bertenaga sepanjang hari dengan beberapa bonus seperti pusing dan mual. Yup, itu adalah beberapa gejala yang akan muncul ketika kita kekurangan istirahat. Seperti yang aku sebutkan di atas, setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda, namun harus benar-benar diperhatikan beberapa gejala yang bisa menandakan kamu mengalami kekurangan tidur seperti di atas. Not only that, secara umum kemampuan kamu dalam melakukan tugas-tugas sederhana menjadi berkurang karena tubuh kamu tidak dalam kondisi yang baik. Bahkan program-program diet dan exercise kamu tidak akan bekerja maksimal.
Dan kabar buruknya adalah kita tidak bisa mengganti tidur malam kita dengan tidur siang. Tidur siang tidak sama dengan tidur malam. Tidur siang bisa membuat kita merasa lebih segar jika kita tidur selam 15-30 menit. Tidur siang yang lebih banyak dari itu biasanya justru membuat kita merasa lebih lemas dan lelah dari sebelumnya. Apalagi dimaksudkan untuk mengganti jam tidur malam yang hilang. No no no, that’s not how it works.
Jenis-Jenis Tidur
We have 2 types of sleep namely; deep sleep and REM sleep (rapid eye movement). During deep sleep, brain cells take some time to rest to repair the damages made to our body throughout the day. This repair is very important so that waste products will not build up which is harmful to the body. Energy lost will also be restored during this stage of sleep, making us feel refreshed when we wake up.
After deep sleep, follows REM sleep. In this stage, the brain dreams and connects all events that transcribed during the day, helping to form memories. That is why it is good to have adequate sleep before your final exam to help you recall what you have studied the other day and it will also help you to concentrate. In addition to that, our mood is also regulated by REM sleep. If our sleep is enough, there is a tendency for us to have a good mood making us more patient and less irritable.
Bagaimana supaya bisa tidur nyenyak?
Masalah tidur memang bukan cuma jam tidur yang kurang, tapi juga kualitas tidur. Untuk mendapat tidur yang nyenyak ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.
1.      Bersihkan diri sebelum tidur (mandi, cuci muka, gosok gigi, dan lain-lain)
2.    Hindari penggunaan smartphone atau gadget lain dengan layar terang satu jam sebelum tidur.
3.   Matikan lampu atau gunakan lampu tidur. Lampu kamar yang terlalu terang bisa memberikan tubuhmu sensasi seperti dalam keadaan siang hari sehingga tubuhmu tidak cukup relax untuk beristirahat.
4.     For the sake of your kidney and also your sleep, empty your bladder before you go to bed.
5.      Exercise. Ini memang bagus untuk setiap sisi hidup ya sepertinya. Hahahha. But make sure not to exercise right before bed.
6.      If you are like me who constantly want to drink padahal sedang tidur karena merasa tenggorokan kering atau mengalami dehidrasi, minumlah sebelum tidur. Jadi kamu bisa mengurangi kemungkinan bangun karena haus saat tidur.
7.    Belum ngantuk padahal sudah waktunya tidur? Music or book may help. Atau kamu bisa gunakan aplikasi Atmosphere untuk membantu kamu merasa relax sebelum tidur.


So, feeling sleepy yet?
Good night and stay healthy ya!

Main topic: Mengapa tidur itu penting?

No comments:

Post a Comment

FEATURED POST

Review EverWhite Hi Collagen

(Also available on my new blog:  https://www.ladyjosman.com/ ) Ini review beauty product pertama aku ya di blog ini. I am both e...

POPULAR POSTS